Tips Merawat Lansia di Rumah Yang Benar

Tips Merawat Lansia di Rumah Yang Benar - Seseorang disebut lansia, jika sudah berumur 60 tahun ke atas. Lansia memang membutuhkan perhatian khusus, karena kondisi fisiknya sudah mulai melemah. Walaupun masih banyak orang tua berumur 60 tahun yang masih sehat. Di indonesia, menitipkan orang tua ke panti jompo memang masih jadi hal tabu. Banyak orang, yang lebih memilih merawatnya sendiri di rumah. Sebagai rasa bakti ke orang tua. tapi banyak yang tidak tahu perawatan yang benar, apalagi kondisi lansia sudah memiliki penyakit. berikut ini tips merawat lansia di rumah yang benar yang diambil dari situs lowongan kerja perawat lansia terbaru.

Pahami Tentang Pengetahuan Dasar Kesehatan





sumber: Yayasan Perawat Lansia Terpercaya

Walaupun anda bukan lulusan kesehatan, tapi cobalah untuk belajar pengetahuan dasar kesehatan. Seperti cara cek tekanan darah, gula darah dan lainnya. saat ini pun banyak alat cek kesehatan darah digital, sehingga lebih mudah digunakan. Anda pun harus tahu berapa batasan normal dari e tekanan darah, gula dan lainnya. ini untuk mendeteksi dari awal. Kalau ada hal yang berbahaya. Anda bisa melakukan konsultasi ke dokter terlebih dahulu. selain itu pahami tentang pertolongan pertama ketika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Pahami Asupan Makanan


Setiap lansia membutuhkan asupan gizi yang berbeda-beda. hal ini juga disesuaikan dengan penyakit yang diderita. Anda bisa konsultasi dengan dokter, makanan apa yang harus di makan dan apa yang tidak boleh di makan. Berikan asupan makanan secara rutin. Pagi, siang dan malam. sElain itu, anda pun bisa memberikan asupan makanan tambahan. Seperti cemilan. Minuman tambahan, susu dan lainnya. asalkan masih sesuai dengan kebutuhan dari lansia tersebut.

Jaga Kebersihan Lansia Dengan Baik


Tips merawat lansia di rumah adalah dengan menjaga kebersihan lansia dengan baik. kebersihan ini meliputi banyak hal. Dari kebersihan tubuh sampai tempat tidurnya. Mandikan setiap pagi dan sore hari secara teratur. Bersihkan gigi dan mulutnya. Selain itu jaga kesehatan kulitnya. Kalau lansia sudah tidak bisa melakukan sendiri, berarti anda harus membantunya. Selanjutnya bersihkan kamarnya atau tempat tidurnya. Pastikan orang tua berada di tempat yang bersih. Apalagi kalau dia sudah tidak bisa buang air besar dan kecil sendiri.

Dengarkan Semua Perkataannya, Jangan Dibentak


Lansia terkadang ingin selalu bercerita atau bercerita. Dengarkan semua perkataannya, jangan pernah dibentak. Walaupun dia bicara secara berulang, harus tetap didengarkan terus menerus. Mungkin ini sebagai balas budi, yang pernah orang tua berikan kepada kita. Tetaplah berbicara santun dengan orang tua. orang tua sangat mudah depresi dan sedih, kalau kita sering membentaknya. Maka dia akan berpikir kala sudah merepotkan dan depresi. Sebagai anak pastinya,anda tidak ingin hal itu sendiri.

Ajak Mereka Beraktivitas


Jangan pernah biarkan mereka melamun sendiri dan tidak melakukan kegiatan apapun. Walaupun lansia sudah tidak bisa beraktivitas atau berjalan. Pastikan berikan beberapa kegiatan buat mereka. Misalnya diajak jalan-jalan di depan rumah. Menggerakan kaki dan tangannya. Atau melakukan hobi yang dia suka. Jangan biarkan berdiam diri dan tak melakukan aktivitas apapun. Karena akan membuat dia semakin depresi dan kesehatannya melemah.

Selain tips merawat lansia di rumah tadi, anda juga bisa meminta bantuan perawat lansia. Karena perawat lebih paham apa yang dia harus lakukan. Apalagi anda sibuk dengan pekerjaan. Dengan adanya perawat, anda tak perlu khawatir lagi dengan semua urusan dari orang tua anda. anda hanya perlu membantu dalam proses perawatan.

Deskripsi: tips merawat lansia di rumah bisa membantu anda dalam merawat orang tua dengan baik. tanpa menyakitinya.

Disclaimer: Gambar, dan artikel yang ada di web ini semua berasal dari DOKUMENTASI PRIBADI. Jika Anda ingin mengunduh gambar tersebut harap hubungi kami terlebih dahulu
Disqus Comments