Cara Menggunakan Concealer Yang Benar (Bisa Menutupi Jerawat)

Cara Menggunakan Concealer Yang Benar (Bisa Menutupi Jerawat) - Make up selalu menjadi senjata utama para wanita sebelum mereka keluar menghadapi dunia. Percaya atau tidak, dengan make up meski hanya menggunakan sedikit, mampu menaikkan rasa percaya diri perempuan hingga berkali-kali lipat dibandingkan sebelum memakai make up.

Ini karena dengan make up, perempuan bisa menyembunyikan kekurangan di wajahnya dan menyempurnakannya. Namun terkadang beberapa masalah kulit seperti lingkar hitam di wajah, redness atau kemerahaan, hingga noda hitam bekas jerawat dan paparan sinar matahari memang sulit untuk ditutupi hanya dengan foundation atau bedak biasa.

Untuk menutupinya, perempuan membutuhkan produk make up tambahan seperti concealer. Sebenarnya, concealer ini memiliki tekstur dan fungsi yang hampir sama dengan foundation. Namun, karena berfungsi sebagai cover untuk noda dan masalah di wajah lainnya, tekstur concealer biasanya lebih pekat daripada foundation atau bb cream sekali pun.

Dan karena setiap perempuan memiliki kulit yang berbeda, maka satu jenis concealer tidak akan cukup atau tidak akan cocok dengan kulit semua perempuan. Untuk itu, concealer dibuat menjadi beberapa jenis. Mulai dari liquid concealer, concealer cream hingga yang jenisnya powder. Semua jenis ini disesuaikan dengan kulit wajah masing-masing. Nah, jika saat ini anda adalah salah satu perempuan yang seringkali mengalami kesulitan untuk menutup masalah wajah, anda wajib menggunakan concealer ini. Tapi sebelumnya, sebaiknya anda mengenal dengan baik berbagai jenis concealer yang ada agar tidak salah pilih. Seperti yang dilansir oleh beautynesia.id, berikut ini 4 jenis concealer yang wajib anda kenal!

4 Jenis Concealer Yang Wajib Diketahui


1. Concealer Cream
Concealer dalam bentuk cream ini cocok digunakan untuk jenis kulit kering. Karena teksturnya yang pekat, concealer jenis ini memiliki full coverage yang mampu menutupi jerawat, bekas jerawat, dan area hitam di mata.

2. Concealer Liquid
Tekstur liquid concealer enggak sepekat cream dan stick concealer, baik digunakan untik menutupi noda hitam pada wajah (freckles), area hitam di bawah mata, dan meratakan warna kulit. Concealer ini cocok untuk yang memiliki kulit berminyak.

3. Concealer Stick
Sama seperti cream concealer, karena teksturnya yang creamy dan pekat, concealer ini cocok untuk kulit kering dan sangat baik untuk menutupi jerawat dan iritasi kemerahan pada hidung. Beberapa stick concealer bahkan memiliki formula yang dapat merawat jerawat dan bekas jerawat.

4. Concealer Powder
Powder concealer lebih mudah digunakan dan cocok bagi pemula dalam penggunaan makeup. Tekstur powder concealer yang lebih ringan dan tipis cocok untuk menutupi garis halus pada wajah dan noda hitam. Best for normal and oily skin.

Selain berfungsi untuk menutupi kekurangan wajah, saat ini concealer juga seringkali digunakan sebagai highlight untuk mempertegas bagian tertentu seperti hidung atau tulang pipi. Selain itu, concealer yang memiliki warna gelap juga seringkali digunakan sebagai contour untuk mempertegas garis wajah agar penampilan terlihat semakin sempurna. Namun, itu semua jika anda memakai concealer dengan benar ya. Dan agar anda tidak salah-salah dalam memakai concealer, seperti yang dilansir oleh blog.tokopedia.com, berikut ini Cara Memakai Concealer Yang Benar!

Cara Menggunakan Concealer Yang Benar (Bisa Menutupi Jerawat)


1. Memakai Foundation Terlebih Dahulu
Jika anda memakai foundation, sebaiknya pakai concealer setelah pemakaian foundation. Dengan begitu, concealer jadi lebih menutup kekurangan wajah. Jika seandainya anda memakai concealer terlebih dahulu, maka concealer akan jadi berantakan setelah ditimpa dengan foundation sehingga kurang menutup kantung mata yang hitam dan noda hitam di wajah. Tapi jika anda memakai foundation jenis tabur, anda bisa memakai concealer dulu.

2. Kombinasi Dua Warna
Untuk bisa menutup kekurangan wajah dan menciptakan wajah yang mulus sempurna, anda bisa menggunakan teknik penggabungan dua warna concealer. Kombinasi warna yang diaplikasikan juga sebaiknya disesuaikan dengan kubutuhan wajah anda. Jika anda punya masalah kulit kemerahan di daerah hidung atau akibat jerawat, anda bisa pakai dua warna concealer, yaitu hijau dan warna yang paling sesuai dengan warna kulit anda. Warna hijau akan menetralisir kulit yang merah sedangkan concealer warna kulit akan membuatnya menjadi lebih natural.

Khusus untuk lingkaran hitam mata, anda bisa pakai concealer warna salmon untuk menutupi kehitaman di area tersebut. Cerahkan kembali bagian itu dengan concealer berwarna satu kali lebih terang dibanding warna kulit anda. Dengan begitu, mata panda nggak akan lagi mengganggu penampilan.

3. Highlight dan Contour
Anda bisa lho menggunakan concealer untuk dijadikan highlight serta contour wajah. Highlight dan contour berfungsi untuk memberi dimensi pada wajah sehingga wajah anda tidak terlalu flat. Untuk highlight, anda bisa pilih concealer dengan warna dua kali lebih terang dari warna kulit asli. Gunakan di tulang hidung, dahi, dan dagu untuk memberi efek cerah. Sedangkan concealer yang lebih gelap dari warna asli kulit bisa anda gunakan sebagai contour seperti membuat efek hidung lebih mancung, tulang pipi lebih tinggi, dan wajah lebih tirus.

4. Menggunakan Jari Manis
Ketika meratakan concealer ke bagian bawah mata, pastikan anda menggunakan jari manis ya. Kenapa? Karena jari manis lebih ringan dan mudah dikontrol gerakannya sehingga tidak akan terlalu keras menarik kulit dan membuatnya cepat keriput. Selain itu, jari tengah akan membantu aplikasi concealer jadi lebih rata.

5. Teknik Yang Tepat
Untuk aplikasi concealer di bawah mata, teknik yang tepat agar dapat menutup mata panda dengan sempurna adalah menggambar dalam bentuk segitiga mendekati pipi. Teknik ini akan menutupi lingkaran hitam mata dan memberi efek wajah sedikit terangkat. Sementara jika anda memakai kuas, pastikan kuas yang anda pakai adalah kuas concealer atau foundation. Ratakan concealer dengan kuas untuk hasil air-brush finish sehingga lebih natural.

6. Gunakan Bedak
Jika anda sudah selesai pakai foundation dan concealer, akhiri dengan penggunaan bedak. Bedak akan menjaga aplikasi concealer jadi lebih awet sehingga tidak mudah luntur. Selain itu, aplikasi concealer jadi lebih terlihat halus dan natural. Fokuskan sapuan bedak di area dimana anda memakai concealer agar riasan anda tahan lama.

Oh ya berbeda dengan foundation yang cara pemakaiannya dioles, cara memakai concealer yang benar biasanya hanya diratakan dengan tangan. Saat ini anda juga bisa menggunakan beauty blender untuk meratakan concealer dan menutup semua kekurangan di wajah anda.

Video Cara Menggunakan Concealer Yang Benar (Bisa Menutupi Jerawat dan Kantung Mata)

1. Concealer 101 : Cara Menggunakan Concealer/Penyamar Noda by PrincessYanti

2. Cara Pemakaian Concealer Untuk Mek up Harian by Yatie Sendayu Tinggi

3. Cara Pemakaian Concealer Utk Contour & Highlight _ Mekap Malam by Yatie Sendayu Tinggi

Terima kasih sudah membaca artikel Cara Menggunakan Concealer Yang Benar (Bisa Menutupi Jerawat). Semoga bermanfaat!

Disclaimer: Gambar, dan artikel yang ada di web ini semua berasal dari DOKUMENTASI PRIBADI. Jika Anda ingin mengunduh gambar tersebut harap hubungi kami terlebih dahulu
Disqus Comments