Cara Mencuci Muka Yang Benar

Advertisement
Cara Mencuci Muka Yang Benar - Memiliki wajah yang cantik dan menarik tentu menjadi impian banyak orang terutama bagi para wanita. Bagi wanita, wajah yang cantik tidak cukup, selain cantik mereka juga sangat memperhatikan kesehatan kulit mereka. Anda tentu tau bagaimana repotnya para wanita jika muncul jerawat atau sedikit kerutan di wajah mereka? Jadi tidak heran, untuk menghindari hal itu banyak wanita yang rela melakukan berbagai macam perawatan demi mendapatkan kulit yang sehat, dan juga cantik.


Sumber: lifestyle.liputan6.com

Banyak hal yang dilakukan seperti melakukan berbagai perawatan di salon, perawatan di dokter kulit, atau melakukan perawatan dirumah dengan menggunakan berbagai bahan alami seperti buah-buahan untuk mempercantik kulit wajah dan menjauhkannya dari berbagai masalah.

Well, sebenarnya jika difikir lagi, merawat kulit wajah agar tetap sehat dan cantik tidaklah sulit. Apalagi saat ini ada berbagai produk perawatan yang dijual di supermarket dan sangat aman untuk digunakan. Untuk memiliki wajah yang cantik, dasar utamanya adalah kebersihan kulit wajah anda. Ini karena wajah yang kusam, berminyak, dan kotor tentu akan memiliki peluang besar untuk dihinggapi berbagai masalah seperti jerawat, komedo atau flek hitam yang bisa muncul karena sengatan matahari.

Untuk menghindari hal itu, ada banyak cara yang bisa dilakukan namun salah satu yang menjadi dasar utamanya adalah dengan rajin mencuci muka, dengan mencuci muka semua kotoran yang menempel di wajah anda seharian pun akan menghilang. Sayangnya, masih banyak wanita yang malas untuk mencuci muka atau yang lebih parah mengabaikan pentingnya cuci muka sehingga banyak dari mereka yang asal-asalan dalam mencuci muka. Dan seperti yang dilansir oleh tokopedia.com, berikut ini 9 kesalahan yang sering dilakukan saat mencuci muka!

9 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Mencuci Muka

1. Tidak Mencuci Tangan


Sumber: health.kompas.com

Kesalahan yang paling sering terjadi saat mencuci wajah adalah tidak mencuci tangan terlebih dahulu. Menuangkan facial wash ke tangan yang masih dalam keadaan kotor dan kemudian mengusapnya ke wajah, tidak akan membuat wajah kamu benar-benar bersih. Sabun cuci muka tersebut akan bercampur dengan kotoran dan bakteri yang masih tersisa pada tangan yang kotor dan kemudian dapat dengan mudah berpindah ke wajah kamu. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu mencuci bersih tangan kamu sebelum menggunakannya untuk mencuci wajah yah.

2. Salah Memilih Facial Wash


Sumber: thetradeboss.com

Facial wash yang baik adalah pembersih wajah yang menghilangkan kotoran dan bekas make up, tanpa menghilangkan kelembaban dan sel-sel kulit yang masih sehat, serta pastinya cocok dengan jenis kulit kamu. Namun tidak jarang wanita keliru dalam menggunakan facial wash, sehingga menyebabkan kulit wajahnya menjadi kering atau bahkan iritasi. Maka dari itu, pilihlah sabun muka yang memang cocok untuk jenis kulit wajahmu.

Untuk jenis wajah kering, sebaiknya gunakan facial wash yang berbentuk krim dan mengandung pelembab yang tinggi. Sementara bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, disarankan untuk menggunakan facial wash yang mengandung busa dan berbentuk gel. Selain itu, hindari penggunaan facial wash yang wangi karena bisa saja produk tersebut mengandung pengharum buatan yang bisa memicu iritasi kulit, terutama bagi kamu yang memiliki kulit sensitif. Sebaiknya pilih sabun pencuci wajah dengan aroma yang alami.

3. Mencuci Wajah Terlalu Sering


Sumber: nyiptoroso.com

Mungkin kamu mengira bahwa kulit yang bersih dan cerah bisa didapatkan dengan cara sering mencuci wajah. Namun terlalu sering mencuci wajah justru tidak baik untuk kesehatan kulitmu karena akan membuatnya menjadi kering dan iritasi. Bahkan untuk jenis kulit wajah berminyak, kulit akan semakin banyak memproduksi minyak jika dicuci terlalu sering. Untuk itu, kamu cukup mencuci wajah dua kali sehari saat pagi dan malam hari, atau cukup sekali sehari untuk jenis kulit kering.

4. Membilas Kurang Bersih


Sumber: mokomoko.id

Ternyata masih banyak wanita yang sering mencuci wajah tanpa membilasnya dengan bersih. Mungkin ini terdengar sepele, tapi ternyata bekas sabun yang tertinggal saat tidak dibilas dengan bersih menjadi salah satu penyebab kulit kering dan iritasi pada wajah. Disamping itu, sisa sabun juga dapat menyumbat pori-pori kulit yang dapat menyebabkan munculnya jerawat. Oleh karena itu, selalulah bilas wajah dengan bersih saat mencucinya, walaupun kamu sedang terburu-buru.

5. Suhu Air


Sumber: aktual.com

Mungkin kamu sering mendengar bahwa air panas dapat membuka pori-pori kulit, sementara air dingin menutup pori-pori kulit. Namun hal tersebut sama sekali tidak benar karena nyatanya pori-pori tidak memiliki otot yang bisa membuatnya membuka dan menutup. Maka dari itu, jangan menggunakan air yang terlalu dingin maupun terlalu panas untuk mencuci wajah. Air panas akan menyebabkan kulit kering, sedangkan air dingin dapat merusak pembuluh darah pada wajah. Suhu air yang paling baik untuk mencuci wajah adalah air yang hangat, dalam artian tidak terlalu panas ataupun terlalu dingin.

6. Menggosok Wajah Dengan Menggunakan Handuk


Sumber: duniakecantikan.info

Salah satu kesalahan yang paling sering kita lakukan adalah mengeringkan dan menggosok wajah dengan handuk setelah mencuci wajah. Hal tersebut hanya akan membuat mengalami iritasi serta cepat keriput dan kehilangan elastisitasnya karena tertarik oleh handuk. Cara terbaik untuk mengeringkan wajah adalah dengan menepuk-nepuknya secara lembut dengan menggunakan handuk bersih. Selain itu, hindari menggunakan handuk yang sama dengan handuk mandi untuk wajah. Sebaiknya siapkan handuk khusus untuk mencuci wajah.

7. Tidak Langsung Menggunakan Pelembap


Sumber: lifestyle.diwarta.com

Setelah mencuci wajah, mungkin kamu sering lupa untuk langsung menggunakan pelembab wajah. Hal tersebutlah yang dapat menjadi salah satu penyebab wajah kamu menjadi kering. Untuk hasil maksimal, aplikasikanlah pelembab pada wajah langsung setelah wajah dicuci dan dikeringkan, jangan menunggu kulit hingga benar-benar kering. Menggunakan pelembab secara langsung akan membantu pelembab tersebut menyerap secara maksimal sehingga kelembaban kulit pun akan tetap terjaga.

8. Menghindari Minyak


Sumber: cantikitu.com

Selama ini kita sering menganggap minyak sebagai salah satu penyebab masalah kulit dan dapat menyumbat pori-pori kulit. Anggapan tersebut mungkin membuat kamu menjauhi produk-produk yang mengandung minyak, termasuk facial wash. Namun ternyata facial wash yang mengandung minyak dapat memberi nutrisi yang baik bagi kulit wajah kamu lho, Toppers. Beberapa manfaatnya yaitu membersihkan pori-pori dari kotoran dan bakteri serta membantu menyeimbangkan nutrisi dalam kulit. Untuk hasil maksimal, sebaiknya pilih facial wash berminyak yang terbuat dari minyak alami seperti minyak almond, minyak biji anggur atau minyak bungan matahari, yang baik untuk kesehatan kulit.

9. Buru-Buru Membilas


Sumber: dochoitreem.com

Sesudah mengusapkan facial wash ke seluruh permukaan wajah, jangan terburu-buru untuk membilasnya dengan air. Sebaiknya biarkan sebentar hingga sabun pembersih wajah tersebut benar-benar mengangkay semua kotoran dan bakteri pada wajah. Setidaknya tunggu hingga 1 menit setelah diusapkan pada wajah, lalu bilas dengan air bersih.

Nah jadi apakah anda melakukan salah satu atau beberapa kesalahan saat mencuci muka? Jika iya, belum terlambat kok untuk mulai belajar bagaimana cara mencuci muka yang baik dan benar. Seperti yang dilansir oleh vemale.com, berikut ini Cara Mencuci Muka Yang Baik dan Benar!

Cara Mencuci Muka Yang Baik dan Benar

1. Pilih Cleanser Yang Tepat


Sumber: blog.tokopedia.com

Bukan karena merknya merupakan produk luar negri yang sudah sangat terkenal, tetapi yang terpenting adalah apakah kandungan bahannya sesuai dengan jenis kulit serta kebutuhan kulit anda?

Inilah cara yang paling tepat untuk memilih sabun untuk wajah. Perhatikan apakah formulanya diciptakan untuk jenis kulit berminyak, sensitif, kering, atau normal. Disarankan pula agar anda tidak menggunakan sabun batangan sebagai sabun muka. Sabun batangan dapat membuat kulit menjadi kering dan kehilangan kelembabannya.
 Cara Mencuci Muka Yang Benar
2. Cuci Handuk Semiggu Sekali


Sumber: plus.google.com

Membersihkan wajah tentunya harus terlebih dahulu memastikan tangan dalam kondisi bersih. Bakteri yang menempel di tangan bisa saja melompat dan berpindah ke kulit wajah. Untuk mencegah hal itu, cuci tangan terlebih dahulu sebelum mencuci wajah.

3. Cuci Wajah Dengan Air Hangat


Sumber: infogadis.com

Pastikan untuk mencuci handuk yang digunakan untuk mengeringkan wajah setidaknya seminggu sekali. Bakteri bisa menempel dan berkembang pada handuk. Dengan rutin mencucinya, bakteri bisa ditekan jumlahnya.

4. Cleanser-Face Wash-Toner

Sumber: 123rf.com

Memberikan efek yang terbaik, gunakan air hangat untuk mencuci wajah. Jangan terlalu panas, tetapi juga jangan terlalu dingin. Kemudian setelah dikeringkan, gunakan pelembab atau krim perawatan anda sehingga peresapannya sempurna.

5. Cukup 2 Kali Sehari


Sumber: ngonoo.com

Apabila ingin membersihkan kulit dengan menggunakan facial wash, cukup gunakan 2 kali sehari saja. Tujuannya adalah agar kulit tetap terjaga kelembabannya. Gunakan facial wash di pagi hari untuk membersihkan sisa kotoran yang menempel pada kulit, berikut juga dengan sisa sel-sel kulit mati, dan sebelum tidur untuk membersihkan sisa makeup dan debu kotoran setelah seharian berada di luar rumah.

6. Jangan Terlalu Sering Scrubing


Sumber: loop.co.id

Hindari terlalu sering menggunakan sabun muka yang mengandung scrub dan fungsinya sebagai exfoliation. Dr. Graf mengatakan, bahwa merawat kulit memang harus maksimal, tetapi juga sekaligus lembut. Apabila anda sering menggunakan scrub, maka jaringan kulit anda akan rusak. Alhasil, bukan keindahan kulit yang anda dapat, melainkan masalah kulit yang semakin parah. 

Merawat kulit dengan bantuan salon memang dianjurkan, namun bukan berarti anda melakukannya setiap hari kan? Daripada merawat di salon dan menghabiskan budget yang tidak sedikit, anda bisa memulai melakukan perawatan dirumah, salah satunya adalah dengan secara rutin mencuci muka dengan baik dan benar, agar wajah anda bersih dan sehat!
Terima kasih sudah membaca artikel Cara Mencuci Muka Yang Baik dan Benar. Selamat mencoba!
Advertisement
Cara Mencuci Muka Yang Benar | saya lia | 5